Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah

Seraya memanjatkan Syukur ke Hadirat Allah SWT saya menyambut baik inisiatif Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) menggagas lahirnya one stop service (layanan terpadu) Pendidikan Jawa Tengah melalui portal Jateng Pintar.

Portal ini nantinya akan mampu menjawab 2 tantangan dalam penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pendidikan (e-pendidikan) saat ini, yaitu penerapan TIK sebagai (enabler) efektivitas dan efisiensi proses pendidikan serta penerapan TIK untuk menghasilkan masyarakat berpengetahuan (knowledge-based society) yaitu masyarakat mandiri yang mampu mengambil keuntungan dari TIK untuk mengembangkan diri secara terus menerus (long life learning) dan meningkatkan produktivitas.

Saat ini kemajuan pendidikan di Jawa Tengah saat ini berada di atas rata-rata nasional, sehingga memang sudah semestinya dibarengi dengan penyediaan infrastuktur digital semacam Portal Jateng Pintar ini sehingga seluruh pemangku kepentingan pendidikan di Jawa Tengah dapat terlayani dengan lebih baik.

Ada 2 hal yang saya minta harus dikedepankan dalam portal ini. Pertama adalah fasilitasi guru dan siswa dalam pembelajaran dan pengembangannya. Dan yang kedua adalah fasilitasi data dan dokumen pendidikan yang akurat. Dua Hal ini saya anggap penting sebagai bagian pelayanan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah kepada masyarakat.

Kaitan dengan implementasi Kurikulum 2013 yang pada Tahun Pelajaran 2014/2015 ini dimulai serentak secara nasional, saya berpesan agar Portal Jateng Pintar ini mengambil bagian di dalamnya. Saya Percaya bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dapat menempatkan diri di segala lini dalam tahapan sosialisasi maupun implementasinya. Sehingga tentu harapan kita semua proses alih kurikulum ini akan berjalan baik.

Selamat memanfaatkan Jateng Pintar, semoga bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Jawa Tengah.